13 Okt 2015

Muharram 1437 H: Membumikan Penanggalan Hijriah kepada segenap kaum Muslimin


Alhamdulillah wa Syukurillah...

Menyambut tahun baru Islam yang ke-1437, kami dengan bangga memperkenalkan Kalender 1437 Hijriah. Barangkali ini merupakan produk kalender pertama kami, mengingat di tahun-tahun sebelumnya tak terpikirkan sama sekali untuk merancangnya lalu menyebarluaskan kalender tersebut ke masyarakat. Subhanallah...
Penampakkan Fisik Kalender 1437 HIjriah
Sekilas produk ini tak nampak seperti kalender pada umumnya. Hanya terlihat seperti buku gambar yang tidak terlalu tebal. Orang-orang baru menyadari buku ini merupakan kalender ketika melihat judul besar di bagian cover buku dan lubang cukup besar di ujung tengah buku tersebut. Artinya, kalender ini dapat dipajang di dinding rumah selama setahun kedepan.
 
Tampilan Halaman Pertama Kalender 1437 Hijriah

Format Halaman Utama Kalender

Pembaca akan disuguhkan sebuah halaman besar yang bertuliskan sejarah singkat pondok kami ketika membuka halaman pertama. Tepat di bagian bawahnya terdapat petunjuk penggunaan kalender hijriah buatan ma'had kami. Di samping kiri panduan tertulis visi - misi pondok dan juga gambar sederhana dari rute menuju ma'had kami, serta referensi yang kami gunakan sebagai dasar penyantuman tanggal Hijriah dan jadwal shalatnya.

Di halaman selanjutnya sampai akhir halaman, pembaca akan disuguhkan dengan angka-angka yang berbaris rapi di kanan-kiri, bercampur dengan angka India berukuran cukup besar di samping kiri dan kanan. Tentunya angka yang kami maksud adalah angka untuk penanggalan Miladiyah dan juga jadwal shalat harian. Angka-angka tersebut berbaris rapi dari atas kebawah per bulan Qomariyah.

Bagian tengah kami isi dengan profil pondok pesantren, terjemah dalil al-Qur'an tematik serta mutiara Hadits. Bagian bawah tengah diisi dengan kalender Masehi dan "legenda" untuk simbol-simbol yang tercantum di ujung kanan-kiri masing-masing hari. Simbol tersebut melambangkan peristiwa-peristiwa bersejarah Islam serta ibadah-ibadah sunnah.

Ini mungkin sedikit menjelaskan kepada pembaca, mengapa dibuat halaman khusus untuk panduan pemakaian pada kalender kami. Karena pembaca kebanyakan belum terbiasa dengan desain kalender yang kami rancang. Alhamdulillah, desain kalender kami terinspirasi oleh kalender serupa yang diterbitkan ma'had lain, yakni ma'had Isy-karima. Kami memutuskan untuk membuatnya dengan bentuk desain yang sama, karena selain menyajikan tampilan kalender hijriah yang berbeda, fungsi kalender tersebut dapat digunakan secara optimal sesuai kebutuhan pembuatnya.

Rencananya, kalender ini insya Allah akan kami distribusikan kepada para donatur, para pengampu di ma'had dan juga seluruh santri. Sebagian lainnya akan dijual kepada masyarakat.

Kalender Hijriah yang kami terbitkan, tentunya masih banyak kekurangan yang menyertainya. Sehingga masukan-masukan yang membangun akan kami apresiasi sebaik mungkin demi menghasilkan kalender hijriah yang lebih baik lagi kedepannya dari sisi konten dan kualitas.

Bagi kami, terbitnya kalender ini menjadi batu loncatan yang luar biasa terhadap eksistensi ma'had kami, di tengah tingginya minat masyarakat akan kebutuhan terhadap pendidikan Islam yang terintegrasi dalam bentuk pondok pesantren di Purwakarta.

Tak lupa, jazakumullah khairan katsiran kepada semua pihak yang telah aktif mendukung, menyumbang ide dan inspirasi serta membantu banyak hal dalam proses pembuatan serta evaluasi desain dari kalender yang kami buat. Semoga produk kecil ini dapat menginspirasi masyarakat untuk membumikan penanggalan Hijriah yang semakin hari semakin dirindukan penggunaannya oleh kaum Muslimin. Insya Allah...

Selamat Tahun Baru Islam 1437 Hijriah.


Update:
Karena kalender yang dirilis dibuat dalam jumlah yang terbatas, maka mohon maaf bila tidak semua pemesan yang request bisa mendapatkan kalender ini. Informasi lebih lanjut terkait Kalender 1437 Hijriah dapat menghubungi kami disini. Setiap pembelian versi fisik dari kalender kami akan disalurkan untuk pembangunan pondok pesantren. Untuk versi digitalnya, bisa diunduh disini.

Syukran katsiran...
Disqus Comments